Tips - tips untuk menuju suatu prestasi by Ir. Daniel M Rosyid, phD, MRINA

National Achievement and Motivation Training
Seminar Nasional Motivasi dan Pelatihan untuk Menjadi Berprestasi
Sabtu, 06 Februari 2010 @Gedung Pasca sarjana ITS

Pembicara I:
Ir. Daniel M Rosyid, phD, MRINA

Review Seminar

Untuk sesi pertama di isi oleh Ir. Daniel M Rosyid, phD, MRINA sebagai pembicara dan Hadziq Fabroyir sebagai moderator. Bapak Daniel mengatakan bahwa kegagalan itu bagian dari prestasi dan berprestasi adalah bagian dari memasarkan diri. hal ini berbeda dengan promosi diri karena promosi mengacu pada jangka pendek sedangkan memasarkan diri adalah jangka panjangnya.

Sayangnya, di Indonesia tolak ukur suatu prestasi itu sangat penting. Contohnya adalah prestasi pelajar akan menjadi sangat baik jika dia telah berhasil memenangkan olimpiade - olimpiade matematika, fisika, dan ilmu science lainnya. Padahal banyak kompetisi - kompetisi lain seperti Olah Raga, seni - budaya, dan lainnya. Mereka dipindang sangat rendah bila dibandingkan dengan para pemenang olimpiade - olimpiade matematika, fisika. Itulah sebabnya Indonesia sekarang miskin atlet dan seniman - seniman.

Selain itu, prestasi itu juga tidak hanya diukur dari kompetisi - kompetisi. Tapi, bagaimana peran kita terhadap sesuatu. Jika kita dapat berperan baik dalam suatu lingkungan atau peristiwa misalnya jadi ketua BEM, dll hal itu juga bisa dikatakan sebuah prestasi. jadi, mari kita ubah mindset kita tentang prestasi dari sekarang.

Dewasa ini, banyak sarjana yang menjadi pengangguran. Padahal mereka telah dibekali ilmu dan ijasah yang baik. Lantas mengapa hal ini dapat terjadi?? Hal ini terjadi karena banyak perusahan yang enggan memakai mereka dengan alasan gaji. gaji yang diberikan kepada sarjana tentu lebih mahal dibanding dengan pekerja - pekerja tingkat bawah. Oleh karena, kita yang bertitle sarjana ini hendaknya mampu membuat suatu lapangan kerja, menolong mereka - mereka yang membutuhkan suatu pekerjaan, bukan malah merebut lapangan kerja

Di bawah ini adalah tips - tips dari Beliau untuk menuju suatu prestasi

1. Making Sense

-> Membaca apa saja
baca apa saja untuk menemukan kegemaran setalah ketemu baca tentang kegemaran - kegemaran anda untuk memperdalam. dan membaca adalah bagian terpenting dalam membangun prestasi.

-> Libatkan Diri pada Peristiwa, Perbanyak Pengalaman dan Jangan Takut gagal
Ketahui apa peran Anda dalam suatu peristiwa itu sehingga akan mendapatkan pengalaman yang nantinya akan sangat berguna.

-> Tumbuhkan Minat pada Sejarah
Sejarah sering dilupan orang - orang. Padahal dari sejarah kita dapat belajar untuk jadi lebih baik.

-> Asah Kepekaan Ruang dan Waktu

2. Relating with People

-> Buka Diri dan Perbanyak Kenalan
-> Tingkatkan Komunikasi
Komunikasi yang baik juga mempengaruhi prestasi. Coba bandingkan kalimat "Susah tapi bisa" dengan "Bisa tapi susah". "Telur tengah matang" dengan "Telur tengah mentah".

-> Berlatih mendengarkan Orang Lain
Mendengar juga merupakan komunikasi. Tidak banyak orang yang mampu menjadi pendengar baik padahal pembicara yang baik berawal dari pendengar yang baik.

-> Lakukan kesalahan - keslahan, Bereksperimen dengan Proyek Kecil.
Nah, pumpung masih muda jangan malas untuk bereksperimen dan jangan takut untuk berbuat kesalahan. Kesalahan itu adalah proses dari belajar. Lakukan kesalah - kesalahan selagi muda agar kita banyak belajar. jangan takut berbuat salah tapi takutlah berbuat dosa.

3. Visioning

-> Perhatikan Pelanggan
Kenali lingkungan kita seperti apa

-> Perhatikan Pesaing

-> Temukan Kekuatan

-> Tetapkan Pelanggan
Fokuslah pada segmen pelanggan. Dalam hidup ini kita tidak mungkin dapat memuaskan semua orang karena kita tidak mungkin unggul dalam semua bidang.

-> Rumuskan posisi Anda

-> Tuliskan Pengalaman - Pengalaman dan Pikiran - Pikiran Anda sehingga Umur Lebih panjang daripada Umur Biologis. Seperti bung Karno yang namanya tetap disebut - sebut dan dikenal walaupun beliau sudah tiada.

-> Rumuskan Keunikan Anda
Ini adalah hal yang paling penting yang membedakan dengan orang lain.

4. INNOVATING

-> Merancang Masa Depan

-> Tetapkan Tujuan

-> kapan Tujuan Tercapai

-> Rencanakan Kegiatan Hidup

-> Bangun Brand

0 komentar:

Follower

All about Informatics engineering

capcuss


ShoutMix chat widget

Pengunjung ke