ITS Present : Mobil Berbahan Bakar Jus Lemon

[caption id="attachment_46" align="alignleft" width="300" caption="Sari buah lemon sebagai energi alternatif"]Sari buah lemon sebagai energi alternatif[/caption]

Siapa sangka jus lemon yang biasa kita cari untuk pelepas dahaga, apalagi saat cuaca sedang panas-panasnya bisa dijadikan suatu energi yang bisa menggerakkan sebuah mobil. Ide ini dirancang oleh empat mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) yaitu Hardiyanto, Donnyanto, Yeremia, dan Rizka Nursyamsiah dalam sebuah ajang kompetisi di Taiwan 2010 Chemical Engineering Car (Chem-E Car) Competition di Taipei, Taiwan, 7 Oktober 2010. Syarat lomba adalah penggunaan bahan bakar ramah lingkungan serta penggerak dan kendali dengan memanfaatkan reaksi kimia.

Mobil speKtronics ini memanfaatkan energi yang direaksikan dari ekstrak lemon dan CuSO4 yang dihubungkan dengan katode-anode untuk menghasilkan reaksi kimia, kemudian rangkaian dipasang seri dan pararel sedemikian rupa hingga menimbulkan proses elektrokimia seperti aki pada umumnya. Mobil ini juga dirancang dengan bahan yang murah, seperti gabus, resin, lem kayu, tisu, dempul, perban, dan cat, sehingga pihaknya tidak sampai menghabiskan dana Rp1 juta, padahal harga maksimal dari panitia adalah 2.000 dolar AS.

Meski pada sesi unjuk kerja SpeKtronics belum mendapatkan penghargaan, pada poster session tim SpeKtronics menjadi pemenang ketiga. Bahkan, untuk desain, prototipe ini menjadi yang terbaik (Best Design). Ini merupakan langkah awal dan penyemangat bagi putra putri Indonesia untuk terus berpartisipasi dalam mencari energi alternatif yang ramah lingkungan dan berbahan dasar dari kekayaan alam indonesia yang melimpah.

0 komentar:

Follower

All about Informatics engineering

capcuss


ShoutMix chat widget

Pengunjung ke