18 November - Angklung Diakui sebagai Warisan Budaya Dunia



Kini 18 November menjadi salah satu tanggal bersejarah bagi bangsa indonesia. Karena tepat pada tanggal 18 November tahun 2010 ini Angklung telah resmi diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia, representative list of the intangible cultural heritage of humanity. Penghargaan ini diberikan di Nairobi, Kenya pada sidang UNESCO hari Kamis pada waktu setempat. Tentunya dengan bertambahnya budaya Indonesia yang diakui di internasional, kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga. Selain itu, kita juga harus lebih menghargai budaya bangsa kita.

Sekedar info, selain Angklung sebenarnya setidaknya sudah ada tiga karya budaya takbenda milik Indonesia yang sudah diakui UNESCO. Yakni, Wayang (masterpiece of the oral and intangible heritage of humanity, 2003), Keris (masterpiece of the oral and intangible heritage of humanity, 2005), dan Batik (representatif list of the intangible cultural heritage of humanity, 2009). Yang lebih membanggakan lagi, ternyata kekayaan alam dan budaya Indonesia tercatat sudah ada sebelas yang mendapat pengakuan dari UNESCO diantaranya adalah 4 berupa alam, 3 cagar budaya, dan 4 karya budaya takbenda. Untuk warisan dunia berupa alam terdiri dari Taman Nasional Ujung Kulon, Banten, Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur, Taman Nasional Lorentz, Papua, dan hutan tropis Sumatera (Taman Nasional Gunung Leuser, Kerinci Seblat, dan Bukit Barisan). Sementara untuk cagar alam yakni Kompleks Candi Borobudur yang diakui UNESCO sejak 1991, Kompleks Candi Prambanan (1991), dan situs prasejarah Sangiran.

Jadi, jangan lupa untuk mengingat-ingat tanggal ini ya, siapa tau ada kuis dadakan yang menanyakan tanggal 18 November. Lumayan kan dapet hadiah :P

sumber : http://www.indonesiaberprestasi.web.id/2010/11/18-november-angklung-resmi-warisan-budaya-dunia/

0 komentar:

Follower

All about Informatics engineering

capcuss


ShoutMix chat widget

Pengunjung ke