Bacalah #1, Al-Quranmu alat komunikasimu

Dalam postingan kali ini saya ingin sedikit berbagi tentang terjemahan ayat-ayat Alquran yang menurut saya menarik,

Al-Mumtahanah:10 "Orang Kafir tidak halal bagi perempuan mukmin, begitupun sebaliknya"

As-Saff:2, "Wahai orang-orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan"

Al-Hujurat:6, "Wahai orang-orang yang beriman, jika seseorang yang fasiq datang padamu membawa suatu berita, maka telitilah kebenarannya agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena kebodohanmu(kecerobohanmu) yang akhirnya kamu menyesali perbuatanmu itu"

Al-Baqarah:238, "Peliharalah semua sholat dan sholat wusta (ashar) dan laksanakan sholat karena Allah"

Al-Baqarah:239, "Jika kamu takut (ada bahaya), sholatlah sambil berjalan kaki atau berkendaraan kemudian apabila telah kembali aman (sholatlah) sebagaimana Dia telah mengajarkannya kepadamu apa yang tidak kamu ketahui...."

Al-Baqarah:256, "Tidak ada paksaan dalam (menganut) islam sesungguhnya telah jelas perbedaan antara jalan yang benar dan jalan yang sesat"

Ali imran : 187, "........Hendaklah kamu benar-benar menerangkan (isi kitab itu) kepada manusia dan janganlah kamu menyembunyikannya....."


Nah Ali Imran 187 itu adalah yang paling menarik, Lengkapnya adalah sebagai berikut
"Dan (ingatlah) ketika Allah mengambil janji dari orang0orang yang telah diberi kitab, yaitu 'Hendaklah kamu benar-benar menerangkan (isi kitab itu) kepada manusia dan janganlah kamu menyembunyikannya' lalu mereka melemparkan janji itu ke belakang punggung mereka dan menjualnya dengan harga murah. Maka itulah seburuk-buruknya jual beli yang mereka lakukan"

sedikit penjelasan untuk Ali imran 187,
Jadi sebenarnya dalam kita-kitab terdahulu (injil dan taurat) sudah dijelaskan tentang kedatangan Nabi Muhammad SAW. Tapi mereka mengingkarinya dan merubah isi dari kitab itu. Dari sini dapat kita pelajari sesungguhnya yang membuat perbedaan adalah manusia itu sendiri. Seandainya kita mau mengakui kebenaran dan kesalahan dengan ikhlas tanpa memanipulasnya, maka perbedaan itu akan terhindarkan. Jadi ingat lagu Marcel, 'Tuhan itu sama, kita yang berbeda'.

Karena di dalam quran itu ada yang dijelaskan secara jelas dan gamblang, ada pula yang kesannya masih samar-samar, maksudnya masih butuh pemahaman lebih, Jadi, mumpung kita masih diberi kesempatan hidup mari kita pelajari sedikit demi sedikit Al-Quran. Karena sesugguhnya Al-Quran adalah alat komunikasi yang benar-benar langsung dari Allah kepada umatNya, maka jangan disia-siakan. CMIIW.

Nah bagi yang punya terjemahan ayat yang menarik boleh lah disharing, tapi saya ijin repost ya. thanks

0 komentar:

Follower

All about Informatics engineering

capcuss


ShoutMix chat widget

Pengunjung ke